HIDROPONIK

Image Hidroponik

Kenapa kali ini saya membahas hidroponik? Karena ini tuntutan tugas Ujian Akhir. Semoga bisa bermanfaat.

Hidroponik itu apa sih?

Hidroponik adalah suatu upaya budidaya tanaman yang memanfaatkan air namun dalam hal ini tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Dengan kata lain, menggunakan media air dalam media tumbuh tanaman. Contoh jenis tanaman untuk dibudidayakan di hidroponik yaitu: tomat, paprika, melon, terong, selada.

Bagaimana cara melakukan hidroponik?

Pada prinsipnya cara menanam hidroponik adalah tidak menggunakan media tanah namun menggunakan media air dengan nutrisi yang diperlukan tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Berikut adalah langkah-langkah menanam hidroponik:

1.Semai benih tanaman
Awal sebelum menanam tanaman, kita memerlukan benih tanaman untuk ditanam, pertama kali adalah semai benih tanaman untuk menjadi bibit tanaman yang siap dipindah tanam. Kita bisa menanam sayuran dengan waktu panen yang singkat supaya cepat panen, bayam, kangkung, sawi misalnya. Persiapan ini sebisa mungkin 2 minggu sebelum tanam dan sistem hidroponik dipilih.

2. Sistem hidroponik
Ada banyak sistem hidroponik yang bisa dipilih untuk menanam secara hidroponik, sistem wick, NFT, fertigasi. Jika diawal masih skala hobi paling mudah menggunakan sistem wick / sumbu. mudah dan murah.

3. Media yang diperlukan
Untuk menanam hidroponik tentu saja memerlukan media sebagai tempat tumbuh tanaman, ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang perlu disiapkan sebelum memulai berhidroponik.1) Media tanam, bisa menggunakan media tanam seperti rockwool, cocopeat, sekam bakar, pasir dll. 2) set hidroponik, bisa membeli starter kit untuk wick sistem ini atau juga bisa membuatnya sendiri.

4. Nutrisi Hidroponik
Nutrisi hidroponik sangat penting untuk keberhasil dalam menanam hidroponik, karena tanpa nutrisi hidroponik tentu saja tidak bisa menanam secara hidroponik. nutrisi hidroponik merupakan hara makro dan mikro yang wajib ada untuk pertumbuhan tanaman. Anda bisa membeli atau membuat sendiri juga, untuk skala hobi saya yakin membeli jauh lebih murah dibandingkan dengan membuat sendiri.

5. Pemeliharaan
Jika semua sudah siap, bibit siap ditanam secara hidroponik tahapan selanjutnya adalah masa pemeliharaan tanaman. Usahakan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tanaman supaya pertumbuhan optimal seperti yang diharapkan.

6. Panen Hidroponik

Mengapa kita harus melakukan hidroponik?

Dengan kita melakukan hidroponik, kita akan mendapat keuntungan yaitu tanaman yang tumbuh akan lebih cepat, pemakaian pupuk lebih hemat, pemakaian air lebih efisien, tenaga kerja yang diperlukan lebih sedikit, lingkungan kerja lebih bersih, kontrol air, hara dan pH lebih teliti, masalah hama dan penyakit tanaman dapat dikurangi serta dapat menanam tanaman di lokasi yang tidak mungkin/sulit ditanami seperti di lingkungan tanah yang miskin hara dan berbatu atau di garasi (dalam ruangan lain) dengan tambahan lampu.

Macam-macam hidroponik:

1. Kultur Air -> Dalam metode ini tanaman ditumbuhkan pada media tertentu yang di bagian dasar terdapat larutan yang mengandung hara makro dan mikro, sehingga ujung akar tanaman akan menyentuh larutan yang mengandung nutrisi tersebut.

2. Kultur Agregat -> Media tanam berupa kerikil, pasir, arang sekam padi (kuntan), dan lain-lain yang harus disterilkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Pemberian hara dengan cara mengairi media tanam atau dengan cara menyiapkan larutan hara dalam tangki atau drum, lalu dialirkan ke tanaman melalui selang plastik.

3. Nutrient Film Technique -> Pada cara ini tanaman dipelihara dalam selokan panjang yang sempit, terbuat dari lempengan logam tipis tahan karat. Di dalam saluran tersebut dialiri air yang mengandung larutan hara. Maka di sekitar akar akan terbentuk film (lapisan tipis) sebagai makanan tanaman tersebut.

Siapa yang sangat berperan dalam hal ini?

Menurut saya yang sangat berperan dalam hal ini adalah ahli dalam soal tanaman dan lulusan komunikasi. Karena menurut saya hal ini harus disosialisasikan dengan baik sehingga masyarakat yang belum tahu dan belum memahami bisa paham dan mengerti akan keuntungan melakukan cara hidroponik. Jika hal ini sudah disebarkan, maka peran masyarakat juga diperlukan untuk melakukan cara ini dengan baik.

Karena pengetahuan saya akan hidroponik belum luas maka beberapa isi dari artikel ini saya kutip dari internet. Terima kasih.

 http://id.wikipedia.org/wiki/Hidroponik

http://pertanianorganik.net/cara-menanam-tanaman-secara-hidroponik/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s